Pages

Sunday, October 11, 2009

Keju dan Mentega, mana yang halal? mana yang tidak?

Merebaknya issue mengenai keju dan mentega yang mengandung unsur babi, menimbulkan keraguan diantara umat muslim dan orang-orang yang alergi terhadap hewan tersebut. Memang pada beberapa produk keju import menggunakan lambung babi untuk proses fermentasi keju, tapi ada juga yang menggunakan mikroorganisme atau jamur khusus untuk proses tersebut, yang paling membedakan diantaranya adalah keju yang menggunakan lambung babi memiliki aroma yang lebih kuat daripada keju yang proses fermentasinya menggunakan mikroorganisme dan jamur khusus. Begitupun dengan mentega, mentega yang mengandung lemak babi cenderung lebih enak jika di aplikasikan pada pembuatan kue. Bagi orang awam, sulit membedakan antara keju dan mentega yang mengandung unsur babi, dengan yang bebas unsur babi, disinilah peran sertifikat halal MUI sangat berperan penting. Keluarga Indonesia, pastikan kita selalu memilih produk yang berlogo sertifikat halal dari MUI. Karena doa yang dikabulkan adalah doa orang yang selalu mengkonsumsi makanan dan minuman halal. InshaALLAH. (dari berbagai sumber)

2 comments:

  1. Saya lihat di acara Halal Trans tv, tapi saya tidak lengkap menyaksikannya.
    Saya jadi resah, karena saya baru tahu dan pengeatahuan tentang hal ini masih kurang. Tolong lebih disosialisasikan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas masukannya Bu Nunung, Selain makanan, banyak juga terkandung dalam obat-obatan yang juga dikonsumsi anak-anak kita..seperti sosialisasi yang disampaikan Dr Agus Rahmadi di postingan tentang "Rosulullah Sang Dokter Terbaik"

    ReplyDelete